Laman

Selasa, 27 Juli 2010

Kandidat Terkuat Juara Indonesian Idol 2010

Di atas kertas, yang terlihat paling unggul tentunya adalah Citra.

Setelah berkali-kali lolos dari posisi perolehan jumlah SMS terbawah, akhirnya pada episode Jumat lalu (23/7) Gilang dinyatakan harus pulang. Dengan demikian maka bisa dipastikan dua kontestan yang melaju ke babak Grand Final Indonesian Idol 2010 adalah Citra dan Igo.

Sedikit menengok ke belakang. Dua minggu lalu, tepatnya 12 Juli 2010, saya sempat menulis mengenai tiga kombinasi pasangan (dari empat kontestan yang masih bertahan pada saat itu) yang akan maju ke babak grand final Indonesian Idol 2010. Dan salah satunya adalah pasangan Citra dan Igo yang ternyata lolos ke babak akhir. Meskipun menurut saya idealnya yang maju ke Grand Final itu adalah Citra dan Ray, namun dalam tulisan tersebut saya juga mengatakan bahwa jika akhirnya yang terpilih adalah Citra dan Igo, hasil itu masih tergolong pantas dan tidak terlalu mengecewakan banyak pihak. Bandingkan jika Citra yang harus pulang dan yang lolos adalah Igo dan Gilang, misalnya. Bisa dibilang, Citra dan Igo adalah pasangan grand finalist yang paling bisa diterima oleh banyak pihak, termasuk para penonton yang tidak terlalu suka dengan gaya menyanyi kontestan lain. Nilai komersialnya juga cukup bagus. Di sisi lain, pihak tim juri juga tidak perlu kehilangan muka. Karena ternyata kontestan yang berhasil maju ke babak penentuan akhir bisa dibilang sesuai dengan harapan mereka.

Dari dua finalis itu, siapakah kandidat terkuat yang bakal diumumkan jadi juara Indonesian Idol 2010 dalam Result & Reunion Show pada Sabtu 7 Agustus nanti? Bukan sesuatu yang sulit ditebak.
Di luar semua itu, yang lebih penting adalah bagaimana nasib pemenang Indonesian Idol 2010 nanti di dunia musik Indonesia?


Di atas kertas, yang terlihat paling unggul tentunya adalah Citra. Kontestan asal Jogjakarta yang bernama lengkap Skolastika Citra Kirana Wulan ini sangat unggul secara kualitas vokal maupun perolehan suara dari pendukungnya. Sudah beberapa minggu belakangan ini dalam Spektakuler Show, Citra selalu lolos dari jeratan posisi terbawah perolehan suara via SMS. Para juri pun rata-rata menyukai bahkan mengagumi aksi panggung cewek kelahiran 5 Juni 1993 ini. Jadi, sudah sewajarnya jika Citra yang menjadi juara Indonesian Idol 2010.

Sementara Igo juga selama ini posisinya tergolong relatif cukup aman, apalagi aksi panggungnya semakin lama semakin baik. Hanya saja kualitas olah suaranya masih tetap di bawah Citra. Meskipun begitu, peluang Igo untuk tampil sebagai pemenang tetap masih ada. Namun untuk bisa mengalahkan Citra, kontestan asal Ambon yang bernama lengkap Elicohen C. Pentury ini benar-benar butuh strategi tingkat tinggi ditambah faktor keajaiban.

Di luar semua itu, yang lebih penting adalah bagaimana nasib pemenang Indonesian Idol 2010 nanti di dunia musik Indonesia? Akankah bisa menjulang menjadi penyanyi papan atas atau hanya akan mengikuti jejak para pemenang sebelumnya yang lagunya tidak terlalu meledak di pasaran? Dengan kualitas sebagus yang dimiliki kandidat terkuat kali ini, akan sangat disayangkan jika sampai tidak menjadi penyanyi yang sukses di industri musik Tanah Air. Tapi seperti kata Armand Maulana ketika jadi juri tamu minggu lalu, jika sampai itu yang terjadi, yang patut disalahkan adalah produser dan label (rekaman)nya. Catat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar